Senin, 13 Juli 2009

This Is Bromo

Gw sama keluarga baru aja mengunjungi gunung bromo, itung-itung buat ngisi liburan. Tadinya mau liburan ke lombok, karena gak ada koneksi, ganti ke bali, tapi setelah gw pikir2 udah sering ke pantai, jadi gw meminta untuk ke gunung, dan kata ayah saya bagaimana kalo ke gunung bromo. Gw sekeluarga sih emang belom pernah ke bromo, kata orang-orang sih bagus, ngeliat sunrise di puncak bromo, boleh juga... sekalian mau ngebandingin sama gunung fuji.

Gunung Bromo terletak di kabupaten probolinggo, gw kesana naik mobil, pas masuk jalan ke gunung bromonya kayaknya sepi2 aja mobil pribadi aja cuma mobil gw sama mobil di depan gw, meragukan juga sih, gak kayak jalan ke puncak yang rame. Mana jalannya naik turun, sempit, belok-belok, kalo gw yang nyetir udah mati mesinnya, waktu di summareqon aja ada tanjakan lumayan curam udah nyala mati mesinnya,belom lulus tanjakan tinggi gw.
pemandangan cantik di perjalananternyata perjalanannya cukup lama, cukup jauh, cukup sepi, cukup mengerikan soalnya kanan kiri jurang, lebih serem dari naik roller coaster. Tiba-tiba terlintas pertanyaan di benak gw, nginepnya dimana nih? sepi begini jangan-jangan gak ada hotel. Tapi gak beberapa lama ada papan "Grand Bromo Hotel 5 km" fyuuh untunglah dari namanya kayaknya bagus nih hotel. Beberapa saat kemudian nyampelah ke depan Grand Bromo Hotel, emang bener bagus nih hotel kayaknya terus masuklah ke depan pintu utama, tapi kok sepi, gak ada mobil, jangan-jangan tutup nih hotel. Pas gw nengok ke arah pintu masuk, di resepsionisnya gak ada orang sama sekali, terus gw bilang ke supir mobil gw "jangan-jangan tutup nih, hehehe"
tiba-tiba gw nengok lagi udah ada orang yang lagi ngomong sama ayah saya, serem bgt, katanya hotelnya udah bangkrut udah tutup dari 2 tahun yang lalu. Hotel gede begitu bisa bangkrut, sepi banget, ada orang misteriusnya lagi. Tapi setelah melanjutkan selama beberapa puluh menit akhirnya ada Java Banana Bromo, dari bangunannya sih masih baru resortnya, bagus, gak nyangka ada penginapan bagus begini nyempil di rumah2 penduduk.
Di kamarnya ad LCD nya boleh juga, tapi... pas dinyalain gak ada cenelnya, pas ditanyain ke abang room servicenya lagi ada masalah teknis, maaf. Mana dingin banget malem-malem kira-kira suhunya 10 derajat lah brrr. Besok paginya jam setengah 3 siap-siap, stengah 4 nya berangkat naik ke puncak pananjakan buat ngeliat sunrise, kesananya naik jip hardtop, nyewa harganya 400 ribu rupiah termasuk supirnya, dan banyak yang ngejual topi kupluk, nyewa jaket, dll, abang-abangnya pada bilang diatas bakal dingin banget, tapi pada kenyataannya gak sedingin itu, gak nyampe minus, paling cuma 5 derajat. Kalo mau kesana gw saranin bawa jaket tebel, sarung tangan, kaos kaki, sepatu, kupluk, dll. Tapi kalo mau nyewa, nyewanya pas udah nyampe diatas aja, karena jauh lebih murah, makannya gw merasa ditipu, lebih cepat ternyata belom tentu lebih baik, dan ada lagi, sedikit diatas resort gw masih banyak resort yang bagus juga, jadi jangan terburu-buru.

Perjalanan naik jipnya seru banget, malem-malem, lewat hutan, lewat jalan curam, lewat jurang kanan kiri, lewat lautan pasir, dan pas gw ngeliat ke belakang ternyata banyak banget jipnya bener bener banyak berbaris, pada ngumpet dimana sih orang-orang kok kemaren sepi. Perjalanan naik malem ini gw rating 4,5/5.
Pas nyampe puncak, dilanjutin dengan jalan kaki beberapa menit, bentar doang, tapi banyak tukang ojek nawarin, jangan terburu-buru, mendingan jalan aja bener-bener deket, gw liat bule-bule aja pada jalan kaki. Oh ya di sana banyak banget turis asing, hampir 50 persen pengunjung adalah turis asing.
Mau liat cantiknya sunrise dari bromo? nihitu sih gw, yang ini nih:Disana jadi surganya orang yang hobinya motoSayang kamera gw yang ngeselin membuat gambarnya jadi jelek, tapi aslinya pemandangannya jauh lebih bagus. Sunrise,pemandangan, cewe bule, gw kasih rating 4,95/5. Pemandangannya kayak di National Geographic.
Ini vidio perjalanan pulang lewat lautan pasir, kayak gurun gitu, seru kan...

Bagi yang belom pernah tempat ini highly recommended mangstab! Selamat Berlibur...

2 komentar:

nuri lathifah mengatakan...

thank you beritanya. gue belum pernah kesana nih. pengeennnn

Leon Aulia mengatakan...

Sama-sama... yes, you have to